Cara Menggunakan Profil Bisnis Google untuk Meningkatkan Kehadiran Online Anda

Menjaga bisnis Anda tetap relevan di Google sangat penting bagi pelanggan baru untuk menemukan Anda. Kendalikan kehadiran online Anda dengan masuk ke Profil Bisnis Google.

  • Profil Bisnis Google, sebelumnya disebut Google Bisnisku, adalah layanan gratis yang memungkinkan bisnis membuat profil dengan lokasi, informasi kontak, dan ulasan pelanggan mereka.
  • Profil Bisnis Google yang diisi lengkap memudahkan pelanggan menemukan Anda dan menambah legitimasi merek Anda.
  • Saat membuat Profil Bisnis Google, Anda harus selalu menanggapi ulasan pelanggan – baik positif maupun negatif – untuk mengakui pelanggan setia Anda dan mengatasi masalah atau pengalaman negatif.
  • Artikel ini ditujukan untuk pemilik usaha kecil yang menyiapkan dan mengelola Profil Bisnis Google.

Profil Bisnis Google adalah layanan gratis yang harus diketahui dan digunakan oleh setiap pemilik usaha kecil. Melalui Profil Bisnis Google, Anda dapat mengontrol informasi yang ditampilkan untuk bisnis Anda di semua layanan Google, termasuk ulasan Google dan Google Maps. Jika Anda mengubah sepotong info di Profil Bisnis Google Anda, seperti jam buka atau lokasi Anda, info tersebut akan otomatis diperbarui di mana saja. Konsistensi sangat penting bagi UKM, terutama di era pencarian online ini.

Ketika calon klien melihat informasi yang saling bertentangan tentang bisnis online, hal itu membuat mereka percaya bahwa bisnis tersebut tidak terorganisir, tidak profesional, dan ketinggalan zaman. Untungnya, Anda dapat menghindari jebakan itu dengan memanfaatkan sepenuhnya alat seperti Profil Bisnis Google. Berikut adalah cara untuk memulai.

Manfaat menggunakan Profil Bisnis Google

Google sejauh ini merupakan mesin pencari terkemuka, dengan sekitar 5,4 miliar pencarian setiap hari dan pangsa pasar 92%. Artinya, kemungkinan besar target pasar Anda ada di Google, mungkin mencari produk dan layanan yang dijual perusahaan Anda. Faktanya, menurut GO-Gulf, hampir setengah dari semua pencarian Google (46%) menyertakan niat lokal, dengan frasa seperti “dekat saya” atau kota atau lingkungan setelah istilah pencarian.

Dalam hal pemasaran digital, tidak berada di Google sama dengan tidak terlihat. Dengan mengklaim dan mengelola Profil Bisnis Google Anda, bisnis Anda dapat:

  • Tunjukkan pada calon pelanggan bahwa Anda ada.
  • Dapatkan kredibilitas dan legitimasi.
  • Beri tahu calon pelanggan tentang apa yang Anda lakukan atau jual. 
  • Beri tahu calon pelanggan di mana Anda berada dan bagaimana cara menghubungi Anda.
  • Tunjukkan hari dan jam Anda buka. 
  • Beri tahu pelanggan potensial bagaimana perasaan pelanggan saat ini dan masa lalu tentang Anda. 
  • Beri tahu orang lain apa pun yang Anda putuskan untuk diberitahukan kepada mereka.
  • Dapatkan lalu lintas ke situs web Anda.

Cara mengklaim dan memverifikasi bisnis Anda

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengklaim bisnis Anda. Anda dapat masuk dengan akun Google yang ada atau membuat akun baru untuk tujuan ini. Tempat bisnis Anda tidak harus berupa alamat fisik yang dapat dikunjungi pelanggan; jika Anda bekerja dari rumah atau memiliki gudang yang tidak ingin dikunjungi pelanggan, Anda dapat memilih “tidak ada lokasi”. Ini berarti cantuman Anda tidak akan menampilkan alamat Anda dan Anda tidak akan muncul di Google Maps

Hal pertama yang harus Anda isi atau verifikasi adalah informasi penting, seperti lokasi, jam buka, situs web, nomor telepon, dan detail kontak lainnya. Sespesifik mungkin karena detail ini akan muncul di cantuman Google Maps Anda.  

Langkah penting lainnya adalah membuat bisnis Anda diverifikasi di Google. Ini adalah proses yang relatif cepat di mana Google dapat memvalidasi kebenaran bisnis Anda. Ini biasanya dilakukan melalui panggilan telepon, tetapi juga dapat dilakukan dengan email yang dipicu atau bahkan kartu pos. Ketika Anda selesai, akan ada ikon biru kecil di sebelah daftar Anda sehingga semua orang tahu itu diverifikasi.

Menggunakan dasbor Profil Bisnis Google

Selain kemampuan untuk mengelola informasi bisnis Anda, Anda dapat memanfaatkan fitur berharga lainnya di dasbor Profil Bisnis Google. 

Info

Bagian info adalah tempat Anda dapat memposting dasar-dasar bisnis Anda, seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan jam buka. Jika salah satu dari ini berubah, baik secara permanen atau sementara, ada baiknya untuk memperbarui info di sini. Google biasanya akan mengirimkan email pengingat yang meminta Anda untuk melakukan hal-hal seperti memperbarui jam libur Anda. 

Selama pandemi COVID-19, Google menambahkan ruang bagi Anda untuk memberi tahu pelanggan tentang tindakan pencegahan yang Anda ambil di bisnis Anda untuk menjaga keamanan pelanggan dan karyawan, serta pembatasan, seperti hanya menawarkan layanan bawa pulang atau ambil di tepi jalan.

Foto 

Di dasbor, Anda dapat melihat gambar yang diunggah orang lain tentang bisnis Anda dan menambahkan milik Anda. Calon pelanggan, terutama milenial, berharap dapat melihat visual tentang bisnis Anda, termasuk jepretan produk berkualitas tinggi (atau gambar yang berkaitan dengan layanan Anda) dan/atau gambar lokasi (termasuk tur virtual 360 derajat) dan logo Anda. Memiliki elemen visual ini dapat membantu mengarahkan pelanggan baru ke arah Anda.

Produk dan layanan

Dua bagian di dasbor ini memberi Anda kesempatan untuk memberi tahu calon pelanggan tentang apa yang Anda jual dan apa yang membuat produk atau layanan Anda lebih baik. Saat Anda menambahkan produk atau layanan baru, atau berhenti menjualnya, perbarui bagian ini. Jika bisnis Anda menjadwalkan janji temu, Anda dapat menyertakan URL untuk menjadwalkan janji temu di bagian ini.

Panggilan dan pesan 

Google dapat melacak panggilan dan pesan yang masuk ke bisnis Anda melalui Google. Ini memberi Anda lebih banyak informasi tentang prospek, memungkinkan Anda melacak perolehan prospek Anda melalui Google dan menelepon kembali siapa saja yang belum menghubungi seseorang. 

Fitur panggilan menunjukkan panggilan tidak terjawab menurut hari dalam seminggu dan waktu sehingga Anda dapat memastikan untuk mengatur telepon selama waktu sibuk. Pesan memungkinkan prospek untuk menjangkau Anda langsung dari hasil pencarian Google atau dari Google Maps.

Wawasan

Dasbor analitik dinamis ringan Profil Bisnis Google disebut Wawasan. Dengan Insights, Anda dapat melihat bagaimana orang menemukan bisnis Anda dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang siapa yang Anda jangkau dan siapa yang tidak. Ini juga menunjukkan persentase orang yang menemukan Anda dengan menelusuri nama perusahaan Anda dibandingkan dengan menelusuri produk atau layanan Anda.

Postingan

Google Posts sangat bagus untuk memberi tahu pelanggan tentang penawaran baru dan mengiklankan apa yang terbaik dari bisnis Anda. Posting penjualan dan promosi, serta acara musiman dan spesial, adalah cara yang bagus untuk mendapatkan bisnis baru. Saat pengguna melihat bisnis Anda di Google, mereka juga akan melihat postingan terbaru Anda, jadi judul yang menarik adalah kuncinya.

Ulasan

Salah satu bagian terpenting dari Profil Bisnis Google adalah bagian ulasan. Di bagian ulasan, Anda dapat melihat ulasan pelanggan tentang bisnis Anda dan menanggapinya. 

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa Anda harus menanggapi hanya ulasan negatif untuk menceritakan sisi Anda dari cerita, adalah ide yang baik untuk menanggapi ulasan positif dan negatif untuk mengungkapkan rasa terima kasih Anda untuk yang baik dan mencoba untuk memperbaiki masalah yang disorot oleh yang buruk. Orang-orang yang meninggalkan ulasan buruk dan kemudian menyelesaikan masalah mereka nanti dapat mengedit ulasan mereka untuk membuatnya lebih baik. Karena ini adalah bagian penting dari reputasi online Anda, kami akan membahas pengelolaan ulasan Google Anda secara lebih mendetail di bawah ini.

Fungsi lainnya

Profil Bisnis Google memiliki fungsi lain, seperti kemampuan untuk menambahkan pengguna (seperti karyawan pemasaran internal atau perusahaan pemasaran), membuat situs web Google untuk bisnis Anda, mendapatkan akun Gmail khusus untuk bisnis Anda, dan beriklan dengan Google.

Baca juga: Berita Pekanbaru Terbaru

Cara mengelola ulasan Google untuk bisnis Anda

Ulasan pelanggan merupakan bagian integral dari bisnis apa pun; sayangnya, banyak pemilik UKM tidak terlatih dengan baik dalam menangani dan menanggapi ulasan negatif. Faktanya, masalahnya begitu meluas sehingga Google memberikan tip kepada pengguna bisnis, tetapi kami juga memiliki beberapa untuk ditambahkan.

  • Meminta maaf itu baik; berdebat tidak. Jika seseorang memiliki pengalaman buruk, bahkan jika Anda merasa mereka salah mengartikan apa yang terjadi atau berbohong, tidak pernah merupakan ide yang baik untuk berdebat atau menjelaskan mengapa mereka salah. Ingat, tujuan Anda bukanlah untuk mengubah pikiran seorang pengulas yang marah; ini untuk menunjukkan jenis pemilik bisnis Anda kepada setiap calon pembaca yang melihat interaksi Anda. Ini adalah belokan besar dan bendera merah besar setiap kali pemilik bisnis muncul defensif online. Sebaliknya, minta maaf atas pengalaman yang buruk dan dengan ramah ungkapkan keinginan Anda untuk melakukan yang lebih baik di masa depan.
  • Tawarkan untuk memperbaiki masalah. Bahkan jika pengulas tidak menerima tawaran Anda untuk menebus kesalahan, itu menunjukkan kepada pengguna Google lain bahwa Anda peduli dengan pelanggan Anda dan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik.
  • Singkat adalah kuncinya, seperti juga konsistensi. Jika Anda akan menanggapi ulasan online, buat standar untuk melakukannya. Siapa dalam bisnis Anda yang akan merespons dan kapan? Menyiapkan waktu mingguan untuk menanggapi pertanyaan dan ulasan adalah praktik yang baik. Anda juga harus menjaga agar tanggapan Anda relatif singkat. Bahkan jika nada internal Anda tenang dan baik, respons multi-paragraf yang panjang akan terbaca sebagai sedikit manik dan defensif.
  • Ingatlah untuk mengatakan “terima kasih”. Beberapa pemilik bisnis lupa berterima kasih kepada pelanggan setia mereka tetapi menulis tanggapan panjang lebar untuk pengulas negatif. Orang-orang memperhatikan itu. Jika seseorang meninggalkan ulasan positif yang sangat bijaksana, posting singkat “terima kasih!”
  • Perhatikan kritik yang berulang. Kesalahan terbesar yang dilakukan pemilik bisnis dalam hal ulasan online adalah mengambil umpan balik positif ke dalam hati dan mengabaikan segala sesuatu yang negatif. Faktanya adalah, tidak masalah jika Anda tidak setuju atau tidak melihat masalahnya sendiri, jika banyak pengulas mengatakan staf Anda kasar, harga Anda terlalu tinggi, layanan Anda tidak memuaskan atau hal negatif lainnya, maka dengarkan . Tinjauan online seperti grup fokus gratis, dan Anda dapat tetap fokus pada tanda pertama dari sesuatu yang penting atau meningkatkan bisnis Anda dengan mendengarkan dan beradaptasi.

Leave a Comment